Selasa, 19 Oktober 2010

tentang robotino



My diari…. jadi begini my diari dua hari kemarin saya training robotino nih, sebuat platform keluaran hardware dari FESTO, perusahaan di bidang industri di bagaian pneumatik, PLC, valve.. begitulah.
kali ini Festo membuat hardware robot. yang cukup canggih didalamnya terdapat prosesor setara pentium. linux bisa masuk. dua hari ini kami training bagimana cara memakai robot.

mengendalikan robotino yang memiliki roda omnidirectional. tiga buah roda yang membentuk sudut 120 derajat satu sama lain. sehingga untuk mengerakan maju harus dipikirkan secara matriks.
pembuatan software ini kami buat di notebook. kenapa harus di notebook karena kita mengkonfigurasi robotino sebagai akses point lalu kita buat program di PC dan mengendalikan via PC dengan sambungan wifi.
materi yang ditraining adalah software robotino. program yang dibuat ini kita gunakan blok daiagram jadi tinggal klal klik dan atur saja, denger denge yang buat lomba science itu haru pakai bahasa C plus plus c++.  materi trainning hari ini adalah
1. jalan lurus
2. jalan miring
3. menggunkan sensor medeteksi dinding 6 cm
4. ikut dinding.
5 menggunakan kamera
6. line follower by kamera
7.  segmentasi pakai kamera
8. induktive sensor
wah pokoknya kodingnya tidak ada. semua udah di proses oleh function bloknya. kamera tinggal hubungkan ke function blok dia bisa deteksi garis. terus bisa diatur biat noisenya hilang kemudian mengendalikan ujung garis X.
setelah trainning tadi ,erasa pentingnya menggunakan nilai negatif semua sistem robot yang dibuat menggunakan close loop. dan semuanya ada prinsip PID, entah menggunakan P saja I, atau D.
jadi robot di buat dengan perhitungan dan harus mencari karakteristik dari robot. supaya PID nya ok.
ada yang tertarik ? silahkan hubungi PT festo indonesia jalan iskandar muda no 68.
bagi yang olimpiade science.. sukses yah…
Festo training
Doktor Ulrich Karras. asli germanie loh. jauh jauh buat trainning kita.. dankye.. thanks sir

diatas robot diberi tugas memutar sebuah balok menggunakan sensor jarak inframerah

June 17, 2008 by Yudhi

0 komentar:

Posting Komentar

Daftar Blog Saya

 
Powered by Blogger